apa itu DNA ?

iyakah? | konsep basic yang harus kamu tau nih...

mungkin pertanyaan ini muncul ketika kalian lagi nonton film detektif atau polisi polisian, atau film kriminal kriminal dimana mereka berbicara tentang DNA, entah dari gigi, rambut kulit yang nantinya dapat menguak identitas pelaku, apa itu DNA ?, apaan tuh? nah mari kita pahami dulu apa itu DNA

DNA merupakan singkatan dari Deoxyribonucleic acid, DNA merupakan komponen pembawa materi genetik yang berperan paling penting dalam tubuh makhluk hidup , dalam DNA tersimpan kode kode gen yang di turunkan dari induk sehingga, sifat dan bentuk tubuh semua mirip dengan induk, karena semua aktifitas di kendalikan oleh materi gen dalam DNA tersebut

DNA berbentuk untaian spiral ganda atau double heliks seperti gambar di bawah ini

letak DNA adalah dalam sel makhluk hidup, jadi dari ujung rambut atas sampai bawah manusia tiap selnya mengandung DNA, namun dalam beberapa makhluk hidup letaknya dalam sel berbeda beda, di golongkan menjadi dua,pada organisme eukariot DNA terletak dalam nukleus atau inti sel dan dalam makhluk hidup berjenis prokariot DNA bergerak bebas di dalam protoplasma


disini DNA berperan dalam dalam seluruh aktifitas sel dan membawa materi genetik, didalam DNA terdapat kode kode gen yang diwariskan dari ayah dan ibu atau bisa di sebut induk yang nantinya menentukan bentuk dan sifat dari makluk hidup tersebut, seperti dalam DNA manusia menentukan bentuk wajah, warna rambut, dan warna mata, jadi setiap induvidu berbeda kode gen nya, selain itu DNA secara khusus juga di perlukan dalam sintetis protein dalam tubuh makhluk hidup, yaitu pembentukan asam amino .

iyakah? | ayo kita lihat dalam...




let's zoom in lebih dalam kepada untaian potongan DNA,bisa kamu lihat di atas adalah gambar molekul penyusun DNA,  DNA disusun oleh 3 komponen utama yaitu gugus gula pentosa, phospat dan juga basa nitrogen saling mengikat satu sama lain membentuk untaian seperti heliks ganda, kalau kamu perhatikan baik baik garis yang menghubungkan antara basa nitrogen, di situ terdapat ikatan hidrogen, 3 ikatan untuk citosin - guanin dan 2 ikatan untuk adenin - timin, nah pertanyaan ini sering muncul nih di soal soal biologi, konsep kimia ehemm.., semaki banyak jumlah ikatan semakin kuat ikatannya, dari penjelasan masih bingung ?, yah memang adenin guava eh guanin  itu apaan sih ?

oke ayo kita zoom out untuk penjelasan lebih baik, kamu bakal lihat stuktur DNA yang awalnya spiral di luruskan seperti di bawah ini
jadi gugus gula pentosa dan phosfat itu adalah garis lurus warna abu abu, di sederhanakan lagi gambarnya lalu garis warna warni di tengah adalah basa nitrogen yang saling berikatan dengan pasangannya,  kalau kamu perhatikan di sini kamu cuma 4 empat jenis basa nitrogen yang saling berikatan terdiri dari basa nitrogen purin yaitu adenin dan guanin, lalu pirimidin terdiri dari citosin dan timin, 4 basa nitrogen ini berikatan dengan pasangan sebagai berikut
Adenin - Timin
Citosin - Guanin
seperti sebuah angka biner 0 dan 1 dalam komputer, 4 basa nitrogen ini bersusun seperti progam dalam makhluk hidup, rangkaian kode genetik di tranlate oleh sel dan mengentrol semua aktifitas dalam sel, seperti pigmen warna mata, struktur tubuh  makhluk hidup tersebut dan pastinya diwariskan dari induknya, sehingga apa bila manusia kawin nggak mungkin yang lahir monyet, iya kann..

karena bersifat unik DNA kadang digunakan untuk keperluan medis seperti mengidentifikasi mayat, seperti di film film kriminal, karena mayat sudah tidak bisa di identifikasi dari wajah maka kita bisa melakukan identfikasi dengan tes sample DNA

DNA sangat penting dalam makhluk hidup, sedikit saja dalam menggartikan kode dalam DNA, maka bisa berakibat fatal, membuat organisme cacat bahkan kematian untuk oganisme tersebut,ini di sebut mutasi, yaitu perubahan yang terjadi pada pada kode kode di DNA baik skala kecil atau besar, organisme yang mengalami mutasi bernama X-men eh salah, mutan maksudnya, kalau kamu pernah lihat film film super hero, efek radiasi menyebabkan mutasi pada superhero itu sehingga dia menjadi manusia super,padahal sebenarnya kasus itu sangatlah langka, karena mutasi cenderung membunuh organime tersebut, organisme yang suvive dan malah bertambah baik dari mutasi tersebut maka iya dikatakan berevolusi, contoh simplenya peter parker dalam film spiderman, gigitan laba laba merubah struktur DNAnya, karena mutasinya baik, dia berevolusi menjadi manusia super, mutasi juga di pelajari loh di biologi kalau kamu tertarik mempelajari mutasi lebih lanjut kita punya antikel khusus di membahas mengenai mutasi

oke itu dia sekilas pembahasan kita tentang DNA, gimana udah ngerti DNA itu apa ?

Comments